Lima puluh persen pelanggaran atribut dilakukan Pasangan YuRo

Dimuat Aug 27th, 2013 dalam Kategori Breaking news, Liputan Utama, Sosial Politik. Anda bisa mengikuti setiap tanggapan melalui RSS 2.0. Anda bisa meninggalkan tanggapan atau trackback untuk berita ini

pelanggaran kampanye

pelanggaran kampanye

Karanganyar ( Soloraya Online ) – Lebih dari lima puluh persen dari total pelanggaran pemasangan atribut kampanye pasangan calon bupati (cabup) – calon wakil bupati (cawabup) dilakukan oleh pasangan Juliyatmono-Rohadi Widodo (Yu-Ro). Pada posisi kedua ditempati pasangan Paryono-Dyah Shintawati (PaSti) dan terakhir oleh pasangan Aris Wuryanto-Wagiyo Ahmad Nugroho (Ayo).

Berdasarkan data dari Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Karanganyar per 24 Agustus 2013, jumlah pelanggaran yang dilakukan pasangan Yu-Ro sebanyak 4.247 atribut, pasangan PaSti sebanyak 2.521 atribut, dan pasangan Ayo sebanyak. 821 atribut.

Pelanggaran terbanyak dilakukan oleh seluruh pasangan dikarenakan memasang atribut kampanye pada pohon pelindung milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar. Sebanyak 6.109 pohon pelindung yang tersebar di seluruh Kabupaten Karanganyar telah dipasangi atribut kampaye oleh seluruh pasangan calon.

Tidak hanya pohon pelindung, kantor pemerintahan, tempat pendidikan, hingga monument bersejarah pun menjadi tempat pemasangan atribut kampanye tersebut. Pasangan Yu-Ro pun menjadi pasangan yang paling banyak melakukan pelanggaran di ketiga tempat tersebut.

“Data ini kami himpun dari Panwascam yang ada. Kantor-kantor pemerintahan pun didapati telah dipasang atribut-atribut kampanye. Yakni seperti di kantor-kantor kecamatan dan kelurahan,” jelas Ketua Panwaslu Karanganyar, Dwi Joko Mulyono.

Pihak Panwaslu pun telah melaporkan melaporkan temuan tersebut kepada Pemkab Karaganyar. Atas laporan tersebut Panwaslu, KPU, BPPT, DKP, dan Satpol PP Karanganyar, pun melakukan penertiban atas pelanggaran pemasangan atribut kampanye Selasa  pagi (27/8). “Kami menghimbau kepada seluruh pasangan calon agar tidak lagi memasang atribut kampanye di tempat yang dilarang. Kami tetap akan mencopot jika kembali ditemukan,” tegasnya.

Kepala Satpol PP Karanganyar, Mei Subroto, menegaskan bahwa pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan Panwaslu Karanganyar untuk melakukan penertiban pelanggaran atribut kampanye. Dalam penertiban yang dilakukan di sepanjang Jalan Lawu di Kecamatan Karanganyar Kota tersebut, petugas memfokuskan penertiban pada atribut kampanye yang dipasang di pohon-pohon pelindung.

Sementara untuk lokasi-lokasi di kecamatan lainnya, Mei menjelaskan petugas akan berkoordinasi dengan Panwascam yang berada di setiap kecamatan untuk melakukan penertiban lanjutan. “Jadi akan ditertibkan secara bertahap. Setelah ini nanti juga akan ditertibkan di kecamatan-kecamatan lainnya,” pungkasnya. ( Bre Suroto)

Tinggalkan Komentar

Galeri Foto

DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK SEMUA STAF DAN JURNALIS SOLORAYAONLINE.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN DILARANG MENERIMA IMBALAN DALAM BENTUK APAPUN DARI NARASUMBER.SEGERA HUBUNGI HOTLINE REDAKSI SOLORAYA ONLINE : 0271 - 2600064 , 081 329 605 272
Log in
SoloRaya OnlineOm Kicau Solo