Pelantikan Kades Tarubatang terganjal masalah ijazah

Dimuat Jul 17th, 2013 dalam Kategori Breaking news, Pemerintahan. Anda bisa mengikuti setiap tanggapan melalui RSS 2.0. Anda bisa meninggalkan tanggapan atau trackback untuk berita ini

demo pilkades  Tarubatang

demo pilkades Tarubatang

Boyolali (Soloraya Online) – Purwanto Kepala desa (Kades) terpilih dari pemilihan kepala desa (pilkades) Tarubatang,Selo, diketahui belum memenuhi persyaratan untuk dilantik.

Masalah tersebut menjadi kendala pelantikan Purwanto.Hal itu terungkap dalam pertemuan antara jajaran Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Sekretariat Daerah (Setda) Boyolali dengan panitia pilkades Desa Tarubatang dan perwakilan warga desa tersebut di Ruang Garuda Kantor Bupati Boyolali, Rabu (17/7/2013).

Kelanjutan tuntutan puluhan warga Desa Tarubatang yang berunjuk rasa di kantor kepala desa setempat, Selasa (16/7), terungkap, Purwanto pemenang dalam pilkades Tarubatang, Sabtu (20/4) lalu, belum menyerahkan ijazah yang merupakan salah satu syarat pencalonan sebagai kades.

Yang bersangkutan hanya menyerahkan surat tanda serta belajar (STSB) program Kejar Paket B. Pihak panitia beralasan meloloskan Purwanto saat tahapan seleksi administrasi karena meyakini STSB tersebut bisa digunakan untuk melengkapi persyaratan. Alasannya dalam pilkades yang digelar enam tahun lalu di desa itu, Purwanto juga pernah mencalonkan diri dan lolos seleksi administrasi meskipun kalah dalam pilkades.

Sementara perwakilan warga yang hadir dalam pertemuan itu, mendesak Pemkab dan panitia pilkades memberikan kepastian tentang pelantikan kades terpilih.

Menyikapi persoalan itu, Kepala Bagian (Kabag) Pemdes, Susilo Hartono, menegaskan Pemkab akan segera menyampaikan surat tertulis kepada panitia pilkades yang menjelaskan penyebab belum dilaksanakannya pelantikan terhadap Purwanto. Ketua panitia pilkades Tarubatang, Sarbini berharap penjelasan secara tertulis dari Pemkab tersebut bisa menjadi pegangan pihaknya untuk menjelaskan kepada warga desa.

Menurut Susilo bahwa terganjalnya pelantikan Purwanto berkaitan dengan syarat yang belum terpenuhi, yakni karena yang bersangkutan belum menyertakan ijazah SMP, melainkan hanya STSB.

“Yang diserahkan bukan ijazah atau STTB [surat tanda tamat belajar] namun STSB [surat tanda serta belajar] dan yang bersangkutan juga belum mengikuti ujian persamaan dalam program Kejar Paket B. Karena kalau sudah ya tentunya ada STTB-nya,” kata Susilo usai pertemuan.

Dijelaskan pelantikan terhadap Purwanto akan segera dilaksanakan jika yang bersangkutan memenuhi syarat tersebut, yaitu menunjukkan ijazahnya.

“Kalau syarat itu terpenuhi, hari ini juga bisa dilantik,” pungkasnya. (yulianto)

Tinggalkan Komentar

Galeri Foto

DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK SEMUA STAF DAN JURNALIS SOLORAYAONLINE.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN DILARANG MENERIMA IMBALAN DALAM BENTUK APAPUN DARI NARASUMBER.SEGERA HUBUNGI HOTLINE REDAKSI SOLORAYA ONLINE : 0271 - 2600064 , 081 329 605 272
Log in
SoloRaya OnlineOm Kicau Solo