Minat siswa melanjutkan ke SMA menurun drastis dibandingkan ke SMK

Dimuat Jun 14th, 2013 dalam Kategori Breaking news, Liputan Utama, Pendidikan. Anda bisa mengikuti setiap tanggapan melalui RSS 2.0. Anda bisa meninggalkan tanggapan atau trackback untuk berita ini

Sri Tumini Kepala Sekolah SMA Kristen Giri Wacana Wonogiri

Sri Tumini Kepala Sekolah SMA Kristen Giri Wacana Wonogiri

Wonogiri (Soloraya Online) – Merebaknya SMK didaerah merupakan pemicu minimnya minat siswa menuntut ilmu di Sekolah Menengah Atas(SMA) terutama di SMA swasta dari waktu ke waktu kian menurun drastis.Disisi lain,sekolah swasta lainnya kebanjiran pendaftar.Selain itu orang tua murid sendiri juga memperhitungkan faktor biaya.

Seperti yang dialami oleh SMA Kristen Wonogiri yang berada dibawah naungan Yayasan Giri Wacana,berbagai terobosan sudah dilakukan oleh pihak sekolah namun saja,jumlah peminatnya sangat terbatas.

“Kondisi seperti ini sudah sejak lama,hampir 5 sampai 6 tahun ini peminat SMA menurun,”terang Sri Tumini Kepala Sekolah SMA Kristen Giri Wacana Wonogiri pada Solorayaonline.com,Jumat(14/6/ 2013)

Sri Tumini,mengungkapkan pada Solorayaonline.com, kini pihaknya kekurangan siswa,Kepala Sekolah yang sudah mengampu semenjak berdirinya pada tahun 1982 berkeluh kesah,terkait menurunnya peminat siswa yang mendaftarkan ke sekolahnya,”dulu ada 10 pendaftar tapi hanya 4 yang masuk,”ungkapnya.

sekolah tampak sepi

sekolah tampak sepi

Ditambahkan Bu Sri, sapaan akrbanya,saat ini jumlah siswa kelas 1 hanya 4 siswa,dan kelas 2 sebanyak 8 siswa,sedangkan tenaga pengajarnya sejumlah 14 tenaga pengajar.Dari segi kualitas prestasi SMA Kristen tidak kalah dengan sekolah swasta lainnya.Terbukti salah satu siswanya yang bernama Adi.A berhasil menyabet jaura III OSN tingkat Kabupaten.

Saat disinggung terkait penerimaan siswa baru(ppdb),pihaknya hingga kini belum tau pasti berapa jumlah pendaftarnya,” tahun ajaran ini masih abu-abu,”terangnya.

Sementara menurut salah satu siswanya Adi A, Ia juga mengaku senang bisa sekolah di SMA Kristen kelas 2 ,menururtnya lebih nyaman dalam pembelajarannya,”lebih bisa mengena saat belajar,disini biaytanya juga ringan,”katanya. (Tarmuji)

Tinggalkan Komentar

Galeri Foto

DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK SEMUA STAF DAN JURNALIS SOLORAYAONLINE.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN DILARANG MENERIMA IMBALAN DALAM BENTUK APAPUN DARI NARASUMBER.SEGERA HUBUNGI HOTLINE REDAKSI SOLORAYA ONLINE : 0271 - 2600064 , 081 329 605 272
Log in
SoloRaya OnlineOm Kicau Solo