Tugu Adipura Boyolali dicongkel pencuri

Dimuat May 2nd, 2013 dalam Kategori Breaking news, Hukum dan Kriminalitas. Anda bisa mengikuti setiap tanggapan melalui RSS 2.0. Anda bisa meninggalkan tanggapan atau trackback untuk berita ini

tugu adipura

tugu adipura

Boyolali ( Soloraya Online ) – Sejumlah lempeng tugu Adipura taman kota Kridanggo raib dicuri. Lenyapnya lempeng yang terbuat dari tembaga tersebut, diketahui Kamis pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

Data yang terhimpun, sebanyak enam lempeng hilang,  masing-masing berukuran tinggi 75 sentimeter dengan lebar 60 sentimeter. Setiap lempeng dipasang dengan baut di enam sisi tugu Adipura di bagian bawah. Kasus tersebut saat ini sedang dalam penanganan jajaran  Polsek Boyolali Kota.

Menurut Kapolsek Boyolali Kota Taufik Oktafianto bahwa laporan kehilangan lempeng tugu Adipura itu, dilaporkan oleh Suprapto, petugas dari Dinas Pekerjaan Umum Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Boyolali.

“Dari laporan itu kami segera melakukan penyelidikan,” katanya.

Hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) sementara diketahui pelaku beraksi dengan mencongkel lempeng tersebut dengan alat yang terbuat dari besi. Hal ini dikuatkan dengan bekas congkelan yang ada pada tugu Adipura. Kemudian, setelah berhasil melepas keenam lempeng, pencuri pun kabur.

Dijelaskan, hingga sejauh ini, belum diketahui pasti kapan aksi pencurian lempeng itu terjadi. Hasil penyelidikan sementara, dari bekas-bekas yang ada, merupakan bekas yang cukup lama.

Namun demikian, pihaknya masih mendalami kasus pencurian dengan pemberatan ini, termasuk menyelidiki pelaku pencurian. Sementara akibat hilangnya enam lempeng embaga tugu Adipura tersebut, diperkirakan kerugian mencapai sekitar Rp 8 juta.

Pada bagian lain, berdasarkan pengamatan di lokasi, kondisi tugu Adipura di taman kota Kridanggo cukup memprihatinkan. Selain air mancurnya mampet, beberapa phisik bangunan luar sudah hancur. Kondisi secara umum juga terlihat kurang terawat.

Radhita (30) warga Boyolali Kota mengatakan keberadaan tugu Adipura juga merupakan penanda kebanggaan prestasi Boyolali. Tercatat pada tahun 2012 kemarin, Boyolali kembali meraih piala Adipura untuk ke tujuh kalinya secara berturut-turut dengan katagori kota kecil bersih.

“Keberadaan tugu Adipura juga berada di tengah keramaian lalu-lintas, sebenarnya ya malu kalau terlihat kumuh begitu,” pungkasnya. (yulianto)

Tinggalkan Komentar

Galeri Foto

DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK SEMUA STAF DAN JURNALIS SOLORAYAONLINE.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN DILARANG MENERIMA IMBALAN DALAM BENTUK APAPUN DARI NARASUMBER.SEGERA HUBUNGI HOTLINE REDAKSI SOLORAYA ONLINE : 0271 - 2600064 , 081 329 605 272
Log in
SoloRaya OnlineOm Kicau Solo