Pilkades diulang , kotak kosong menang lagi

Dimuat Apr 19th, 2013 dalam Kategori Breaking news, Liputan Utama, Pemerintahan. Anda bisa mengikuti setiap tanggapan melalui RSS 2.0. Anda bisa meninggalkan tanggapan atau trackback untuk berita ini

pemungutan suara pilkades

pemungutan suara pilkades

Boyolali (Soloraya Online) - Kotak kosong kembali menang dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) yang diulang di Desa Dlingo Kecamatan Mojosongo, Kamis (18/4/2013). Di lain tempat, dua calon kepala desa yang maju Pilkades di dua desa di Kecamatan Ampel, berhasil memenangi kotak kosong.

Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Boyolali, Susilo Hartono mengungkapkan, Pilkades ulang di Desa Dlingo diikuti oleh Tahanta melawan kotak kosong. Hasilnya, kotak kosong menang dengan meraih jumlah suara sebanyak 1.380, sementara Tahanta meraih sebanyak 1.049 suara. Surat suara rusak tercatat sebanyak 29 suara.

“Suara calon dengan bumbung kosong terpaut 331 suara,” ungkap Susilo, Jumat (19/4/2013).

Dengan demikian, sesuai dengan aturan Peraturan Bupati (Perbub) 37/2006, maka harus digelar Pilkades ulang sampai calon berhasil memenangkan Pilkades dengan suara 50 persen plus 1 dari suara yang sah. Aturan lain menyebutkan, pelaksanaan Pilkades akan diulang paling lama 30 setelah Pilkades sebelumnya.

Jika calon yang bersangkutan mundur, lanjut dia, maka proses Pilkades dapat dihentikan sehingga tidak perlu Pilkades ulang. Setelah kepanitian Pilkades dibubarkan, kemudian akan dibentuk kepanitiaan baru dan memulai penjaringan bakal calon Kades yang baru pula.

Sementara itu Pilkades melawan kotak kosong juga berlangsung di dua desa di Ampel, yakni Desa Ngargoloka dan Gladagsari, Kamis (18/4). Dikedua desa tersebut, masing-masing calon berhasil memenangi kotak kosong dengan perolehan suara yang signifikan.

Di Ngargoloka, calon Jarwanto meraih suara sebanyak 1.074 sedangkan kotak kosong hanya 2 suara, dengan suara rusak mencapai 14 suara. Sementara di Gladagsari, calon Hedi Suryanto menang dengan 1.927 suara melawan kotak kosong sebanyak 162 suara dan suara rusak 17 suara.

Pada hari yang sama Pilkades juga digelar di tiga desa di Ampel, yakni Desa Banyuanyar, Kaligentong, dan Sampetan. Pilkades Banyuanyar dimenangi calon terpilih Komarudin dengan perolehan 858 suara, sementara di Desa Kaligentong dimenangi calon terpilih Slamet Sunardi dengan perolehan 1.492 suara. Sedangkan di Sampetan dimenangkan Manan dengan 1.368 suara. (yulianto)

Tinggalkan Komentar

Galeri Foto

DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK SEMUA STAF DAN JURNALIS SOLORAYAONLINE.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN DILARANG MENERIMA IMBALAN DALAM BENTUK APAPUN DARI NARASUMBER.SEGERA HUBUNGI HOTLINE REDAKSI SOLORAYA ONLINE : 0271 - 2600064 , 081 329 605 272
Log in
SoloRaya OnlineOm Kicau Solo