Pengadaan kain seragam PNS di lingkungan Disdik disinyalir menyimpang

Dimuat Feb 21st, 2013 dalam Kategori Breaking news, Liputan Utama, Pemerintahan. Anda bisa mengikuti setiap tanggapan melalui RSS 2.0. Anda bisa meninggalkan tanggapan atau trackback untuk berita ini

seragam PNS

seragam PNS

Sragen ( Soloraya Online ) – Koordinator Tim Operasional Penyelamat Aset Negara (Topan), Prio Dwi Sambodo kepada wartawan, Kamis (21/02/2013)  mengatakan, kegiatan pengadaan kain yang dananya bersumber dari dana APBD tahun 2012 ini di antaranya kain seragam abu-abu sebanyak 7372 potong, kain ‘khaky’ 1126 potong, dan atribut 1126 potong.

Berbagai macam kain itu dialokasikan untuk ribuan PNS di lingkungan Disdik, baik guru maupun non guru.

Hal tersebut menjadi permasalahan ketika disinyalir pengadaan kain seragam untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Sragen menyimpang. Kain seragam yang dianggarkan di APBD Sragen sebesar sebesar Rp 924 juta, dinilai tidak sesuai sepesifikasi yang telah ditentukan.

Menurut Prio, dari hasil uji lab tekstil yang telah dilakukan di Balai Besar Tekstil Bandung tanggal 14 Desember 2012,  dengan nomor 5394/PNB/BPKIMI/BBT/ 12/2012, diketahui telah terjadi perbedaan spesifikasi kain seragam dengan spesifikasi kain yang ditentukan dalam kontrak. “Perbedaan ini meliputi lebar kain, berat kain, kekuatan tarik dan pcrase recovery angle‘ alias tahan kusut,” ujarnya.

Selain perbedaan spesifikasi ketentuan kain yang telah ditetapkan, Prio juga menengarai pejabat atau panitia penerima hasil pekerjaan tidak cermat dan asal menerima barang dari pihak rekanan tanpa dilakukan uji laboratorium sebagaimana yang ditentukan dalam Pasal 18 Perpres No 54 Tahun 2010.

Mestinya uji laboratorium dilakukan sebelum barang diterima. “Karena tidak dibentuk tim atau tenaga ahli khusus yang memiliki kompetensi untuk memeriksa kain dari rekanan, maka kain tersebut lolos dan disetujui begitu saja. Di sinilah kemudian timbul kerugian,” jelasnya.*(Aditya)

Tinggalkan Komentar

Galeri Foto

DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK SEMUA STAF DAN JURNALIS SOLORAYAONLINE.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN DILARANG MENERIMA IMBALAN DALAM BENTUK APAPUN DARI NARASUMBER.SEGERA HUBUNGI HOTLINE REDAKSI SOLORAYA ONLINE : 0271 - 2600064 , 081 329 605 272
Log in
SoloRaya OnlineOm Kicau Solo