Ratusan Karyawan Luwes kembali unjuk rasa

Dimuat Jan 2nd, 2013 dalam Kategori Breaking news, Ragam Peristiwa. Anda bisa mengikuti setiap tanggapan melalui RSS 2.0. Anda bisa meninggalkan tanggapan atau trackback untuk berita ini

negosasi berjalan alot

negosasi berjalan alot

Solo (Soloraya Online) – Ratusan karyawan Swalayan Luwes Solo melakukan aksi solidaritas di Swalayan Luwes Nusukan, Ratu Luwes Pasar Legi, dan Luwes Gading terkait dengan pemutusan hubungan kerja (PHK) dua rekan mereka secara sepihak dan tanpa alasan. Mereka juga menuntut pemecatan Manajer Human Resource Development (HRD) Luwes Group. Rabu (2/1/2012).

Sedikitnya 300 karyawan pengunjuk rasa di Ratu Luwes Pasar Legi Banjarsari itu memblokir jalan masuk swalayan dan pintu tempat parkir sehingga pengunjung tidak bisa berbelanja. Selain orasi, mereka juga menggelar sejumlah poster yang bertuliskan: “Kembali Dua Karyawan Luwes Nusukan Endang Sulistyowati dan Yuli yang Dipecat oleh Pihak manajemen” dan “Pecat Manajer HRD Luwes Group, Bengawan Tejo”.

Koordinator Aksi Ratu Luwes Pasar Legi, Adityo,  mengatakan bahwa aksi solidaritas tersebut dalam rangka menuntut pihak menajemen Luwes untuk mengembalikan Endang dan Yuli yang di-PHK secara sepihak.

“Endang dan Yuli merupakan pengurus Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) Kota Surakarta. Mereka dipecat dari pekerjaannya di Luwes Nusukan tanpa alasan yang jelas. Keduanya tidak diberikan pesangon oleh pihak manajemen,” katanya.

Selain itu, para karyawan Luwes di Solo juga menuntut pemilik swalayan agar memecat Manajer HRD Luwes Group, Bengawan Tejo, karena kebijakannya selalu meresahkan karyawannya.

“Aksi ini akan berlanjut jika pihak manajemen Luwes tidak memperhatikan tuntutan kami,” katanya.

Sementara itu, demo di Luwes Nusukan sekitar 60 karyawannya. Mereka meneriakan yel-yel di depan pintu masuk swalayan tersebut. Sejumlah aparat keamanan juga berjaga-jaga di depan pintu masuk swalayan agar pengunjung bisa masuk berbelanja seperti biasanya. (yuli)