IPAL Komunal diprotes warga

Dimuat Aug 1st, 2012 dalam Kategori Breaking news, Liputan Utama, Ragam Peristiwa. Anda bisa mengikuti setiap tanggapan melalui RSS 2.0. Anda bisa meninggalkan tanggapan atau trackback untuk berita ini

Ipal komunal

Ipal komunal

Boyolali (Soloraya Online) – Bau menyengat yang ditimbulkan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di Dukuh Jajar, Desa Karangduren, Sawit, dikeluhkan warga warga Dukuh Kajen, Des Guwokajen, Kecamatan Sawit.

Menurut Ketua Rt 09 Rw 02, Dukuh Kajen, Desa Guwokajen, Eko Purwanto, pembuangan limbah itu awalnya dibangun untuk proyek biogas. Yaitu dengan memanfaatkan limbah kotoran manusia. Ternyata setelah selesai tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Justru sebaliknya menimbulkan polusi bau busuk.

“Ironisnya, warga Dukuh Jajar dan Karangduren tidak terkena dampaknya. Kami warga Dukuh Kajen yang merasakan dampak negatifnya,”katanya. Limbah cair dibuang ke sungai yang memisahkan dua dukuh tersebut. Warga yang melintas dekat lokasi tersebut terpaksa menutup hidung  atau muntah karena tidak tahan dengan bau busuk.

Terpisah, Kades Karangduren, Kecamatan Sawit, Haryanto mengaku belum mendapatkan keluhan terkait polusi bau tersebut. Pihaknya berjanji secepatnya mengecek ke lokasi guna mengetahui sejauh mana dampak yang dirasakan warga.

“Kami juga akan melaporkan kejadian ini kepada instansi terkait,”katanya.

Dijelaskan, IPAL tersebut merupakan proyek sanitasi lingkungan yang dibiayai dari APBD Perubahan 2011 senilai Rp 350 juta. Hanya saja, pelaksanaannya dilakukan bersama masyarakat. Semula, proyek akan dipergunakan untuk menampung limbah cair rumah tangga sebanyak 100 keluarga.Namun tahap awal baru dimanfaatkan oleh 51 keluarga.

 “Seharusnya limbah cair yang keluar bersih dan tidak berbau. Kalau kemudian menimbulkan bau, berarti ada kekeliruan. Kami akan koordinasi untuk mencari solusi,” pungkasnya. (yulianto)

Tinggalkan Komentar

Galeri Foto

DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK SEMUA STAF DAN JURNALIS SOLORAYAONLINE.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN DILARANG MENERIMA IMBALAN DALAM BENTUK APAPUN DARI NARASUMBER.SEGERA HUBUNGI HOTLINE REDAKSI SOLORAYA ONLINE : 0271 - 2600064 , 081 329 605 272
Log in
SoloRaya OnlineOm Kicau Solo