Kunci jawaban LKS keliru, penerbit minta maaf

Dimuat Apr 17th, 2012 dalam Kategori Breaking news, Liputan Utama, Ragam Peristiwa. Anda bisa mengikuti setiap tanggapan melalui RSS 2.0. Anda bisa meninggalkan tanggapan atau trackback untuk berita ini

saifulah wali

saifulah wali

Sukoharjo (Soloraya Online) -  Produsen buku lembar kerja siswa (LKS) bagi siswa SMU kelas X yang memuat tentang ideologi bangsa Indonesia yang masih menjadi perbincanganan hangat di media menyatakan sudah melakukan revisi sejak pertama kali buku diterbitkan.

Disamping itu, pihak CV Media Karya Putra yang menajadi produsen buku juga meminta maaf atas kesalahan penulisan kunci jawaban lks yang emnjadi pegangan para guru tersebut.

 Dalam buku lks yang diterbitkan oleh CV Media Karya Putra yang beralamat di perumahan Windan baru rt 03, 07, Desa Gumpang, Kartasura, Sukoharjo ini memuat sebuah soal di lks halaman 10 dengan kalimat, Indonesia mengambangkan sendiri ideologi tepat sesuai kondisi bangsa yaitu pancasila. Namun pada buku lks pegangan guru, justru bertuliskan komunis pada jawaban pertanyaan tersebut.

 Saifullah Wali , pimpinan CV  Media Karya Putra mengatakan, kesalahan ada pada penulis dan editor juga lolos karena bersamaan ada sekitar 400 naskah lks. “kesalahan sebenarnya ada pada penulis dan editor karena saat itu banyak naskah buku bersamaan sekitar 400 naskah” ujarnya.

 Oleh karena itu,beberapa pihak guru melakukan protes terhadap isi dalam buku lks tersebut. Namun dari pihak penerbit mengatakan, ada pergeseran kunci jawaban saat penulisan pada soal nomor 4,5,6 sehingga urutannya menjadi turun. Namun demikian, pihak penerbit sudah melakukan ralat buku lks pkn 10 tertanggal 20 januari 2012. Dalam surat tersebut juga menyatakan, penerbit meminta maaf atas kekeliruan tersebut dan meminta untuk merevisi kepada pihak guru pembimbing masing-masing sekolah.

 Sementara, untuk lks pegangan guru ini hanya dicetak sebanyak 500 eksemplar, namun yang sudah beredar hanya 200 eksemplar dan sisanya masih berada di gudang. 200 eksemplar tersebut tersebar di sukabumi, tangerang jawa barat dan juga sidoarjo jawa timur.

Dan untuk LKS  yang diperuntukan bagi siswa, dicetak sebanyak 8000 eksemplar yang sudah menyebar di seluruh smu diIndonesia, namun tidak ada masalah maupun kesalahan seperti yang termuat dalam lks pegangan guru.(Putra Kurniawan)

Tinggalkan Komentar

Galeri Foto

DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK SEMUA STAF DAN JURNALIS SOLORAYAONLINE.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN DILARANG MENERIMA IMBALAN DALAM BENTUK APAPUN DARI NARASUMBER.SEGERA HUBUNGI HOTLINE REDAKSI SOLORAYA ONLINE : 0271 - 2600064 , 081 329 605 272
Log in
SoloRaya OnlineOm Kicau Solo