Perbesar embung demi 3000 sambungan baru

Dimuat Jul 11th, 2011 dalam Kategori Breaking news, Liputan Utama, Pemerintahan. Anda bisa mengikuti setiap tanggapan melalui RSS 2.0. Anda bisa meninggalkan tanggapan atau trackback untuk berita ini

embung diperbesar

embung diperbesar

Boyolali (Soloraya Online)- Pembangunan embung di Desa/Kecamatan Musuk, Boyolali tahap II berlanjut di tahun 2011 ini. Proyek senilai Rp 3,1 miliar itu direncanakan memperbesar kapasitas embung hingga dua kali lipat. Meski demikian, target layanan operasional PDAM selaku pengguna terpaksa tertunda karena embung belum bisa dimanfaatkan.

Pengerjaan proyek tahap dua ini di antaranya meliputi pendalaman dasar embung, terutama di bagian barat serta peninggian tanggul. Dasar embung yang semula sedalam enam meter pada proyek tahap pertama, digali lebih dalam lagi satu meter. Sementara tanggul akan ditinggikan mencapai 2,8 m. Sedangkan luas embung masih tetap sama yakni sekitar 2 hektar. Total volume embung nantinya diperkirakan akan mencapai 250 ribu m3.

Semula, selesai pemasangan geomembran pada tahap pertama 2010 lalu, embung diharapkan sudah mulai berfungsi dan dapat dimanfaatkan untuk layanan air bersih PDAM. Namun kenyataannya terdapat sejumlah hambatan serta kurangnya pendanaan. Salahsatu hambantannya yakni terjadi kebocoran pada embung. “Rencananya 2010 akhir sudah bisa beroperasi, namun terpaksa ditunda karena ada hambatan seperti kebocoran,” kata Cahyo Sumarso, Direktur PDAM Boyolali, Senin (11/7/2011).

Cahyo mengaku optimis November mendatang embung sudah bisa dioperasikan. Dengan volume tampung 250 ribu m3, menurut dia PDAM akan mampu melayani sekitar 1500 sambungan rumah baru.

Pembangunan embung itu, menurut Cahyo merupakan proyek pusat. PDAM Boyolali hanya menerima dalam bentuk jadi. Direncanakan pembangunan embung akan dilanjutkan tahun 2012, yakni perluasan embung seluas lima hektar. Sehingga nantinya total embung akan menjadi tujuh hektar dengan volume total 750 ribu m3.  Ke depan setelah embung selesai dibangun, diharapkan akan mampu melayani 3000 sambungan rumah baru, atau melayani sekitar 18 ribu-20 ribu jiwa pelanggan untuk enam bulan.  (Yulianto)

Tinggalkan Komentar

Galeri Foto

DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK SEMUA STAF DAN JURNALIS SOLORAYAONLINE.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN DILARANG MENERIMA IMBALAN DALAM BENTUK APAPUN DARI NARASUMBER.SEGERA HUBUNGI HOTLINE REDAKSI SOLORAYA ONLINE : 0271 - 2600064 , 081 329 605 272
Log in
SoloRaya OnlineOm Kicau Solo