Sedimen Waduk Serba Guna Wonogiri mengkawatirkan

Dimuat May 25th, 2011 dalam Kategori Breaking news, Ragam Peristiwa. Anda bisa mengikuti setiap tanggapan melalui RSS 2.0. Anda bisa meninggalkan tanggapan atau trackback untuk berita ini

 

Setyo Nugraha, SSi, M.Si

Setyo Nugraha, SSi, M.Si

Wonogiri (Soloraya Online) – Peneliti konservasi sungai Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) Universitas Sebelas Maret Surakarta, Setyo Nugraha, SSi, M.Si mengungkapkan bahwa total jumlah sedimen di Waduk Serba Guna Wonogiri mencapai 3.178.510 m3. “Sungguh mengkawatirkan. Karena memunculkan permasalahan khususnya di pintu keluar air waduk, yakni pendangkalan.

Dimana akan mengganggu fungsi waduk, seperti pengairan, menggerakkan turbin PLTA. Pintu air menjadi tersumbat,” jelas Setyo Nugraha kepada wartawan, saat berada di kawasan pintu air Waduk Serba Guna Wonogiri di sela-sela Roadshow DAS Bengawan Solo Hulu, Rabu (25/5).

Menurut Peneliti PPLH UNS tersebut, sediment tersebut berasal dari sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Keduwang, Temon, Tirtomoyo, Solo Hulu, Alang dan Wuryantoro. “Penyumbang sedimen terbesar adalah DAS Keduwang, mencapai 1.218.580 m3 pertahun,” jelasnya.

Pada awalnya untuk mengeluarkan sedimen dari area waduk, menurut Setyo Nugaha, memakai cara dengan dihancurkan. Lalu pintu dibuka. Tetapi cara itu tidak efektif karena sediment dari atas atau hulu terus masuk.

“Sekarang sedang diupayakan memakai cara membuat waduk penampung sedimen di dalam Waduk Serba Guna Wonogiri. Khususnya menampung sedimen yang berasal dari sub DAS Keduwang lalu dikeluarkan melalui sudetan yang dibuat pada sisi lain bendungan. Sehingga tidak mengganggu pintu keluar utama,” ungkapnya.

Berdasarkan prediksi saat membangun Waduk Serba Guna Wonogiri umurnya 100 tahun. Tetapi belum genap 100 tahun, ternyata sedimennya sudah cukup tinggi. “Artinya konservasi di daerah atas atau hulu belum berhasil untuk menghambat laju sedimentasi yang masuk waduk,” jelas Setyo Nugraha. (Eko Prasetyo)

Tinggalkan Komentar

Galeri Foto

DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK SEMUA STAF DAN JURNALIS SOLORAYAONLINE.COM DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS DAN DILARANG MENERIMA IMBALAN DALAM BENTUK APAPUN DARI NARASUMBER.SEGERA HUBUNGI HOTLINE REDAKSI SOLORAYA ONLINE : 0271 - 2600064 , 081 329 605 272
Log in
SoloRaya OnlineOm Kicau Solo